Jumat, 07 Desember 2012

PENGGUNAAN KOMPUTER DIBERBAGAI BIDANG

BAB I. PENGGUNAAN KOMPUTER DIBERBAGAI BIDANG

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi sebuah informasi. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung”. Tetapi seiring perkembangan zaman komputer tidak hanya berfungsi untuk pengolahan data aritmatika tetapi juga dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Suryadi, 1996).
          Penggunaan komputer sangat beragam sesuai fungsi dan data yang diolah. Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain (Hasyim, 2008).
          Penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, internet (Wahono, 2006).
          Ukuran komputer seiring perkembangan zaman dapat digolongkan ke dalam komputer mikro(micro computer), komputer mini (mini computer), komputer kecil (small computer), komputer menengah (medium computer), komputer besar (large computer) dan komputer super (super computer) (Supriyanto, 2005).
          Penerapan komputer sangat memudahkan kehidupan manusia. Seiring perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia teknologi komputer adalah pendidikan, perbankan, industri, penerbangan, militer dan riset biologi (Jogiyanto, 2003).
          Adapun penerapan aplikasi komputer di berbagai bidang yaitu :
1.1 Dalam bidang Pendidikan
Komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan. Menurut Hilary Mc Lellan (1991) menegaskan bahwa komputer dapat membantu guru melaksanakan aktiviti pengajaran pembelajaran dalam bilik darjah. Beliau menekan tentang kepentingan seseorang guru itu mempunyai pengetahuan sekurang-kurangnya pada peringkat asas dalam mengendalikan perkakasan dan perisian komputer sebelum mereka dapat menghasilkan kaedah pengajaran yang berkesan dalam bilik darjah (Kadir dan Terra, 2003).
          Menurut Diana Laurillard (1992) menyatakan bahawa pembelajaran berasaskan komputer dapat meningkatkan pemahaman konsep teoritikal. Beliau berpendapat bahawa kaedah simulasi dan bantuan komputer dapat meningkatkan tahap pemahaman pelajaran dengan mudah. Sedangkan menurut Heinich (1993) menyatakan komputer berkemampuan untuk mengawal dan mengurus bahan pengajaran yang banyak. Kemampuan komputer berinteraksi dengan penggunanya membolehkan guru menerapkan pengajaran pembelajaran dengan lebih mudah dan menarik. Pendapat ini disokong oleh Sandholtz (1997) yang menyatakan bahawa penggunaan teknologi di sekolah boleh memudahkan pengajaran pembelajaran. Maka dapat dikatakan bahawa komputer mempunyai kelebihannya menjadi media yang sesuai dan berkesan dalam konteks pengajaran pembelajaran dalam bidang pendidikan (Jogiyanto, 2003).
          Aplikasi komputer dalam bidang pendidikan berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-manajed Instruction (CMI). Ada pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya. Modus ini dikenal sebagai Computer-assisted instruction (CAI) (Musthaqim, 2003).
          Secara umum aplikasi komputer dalam bidang pendidikan terbagi dua, yaitu :
1. Aplikasi non pengajaran
Dalam aplikasi non pengajaran terbagi menjadi empat, yaitu :
-          CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
-          CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian berbantuan computer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya jawab interaktif.
-          CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk   memberikan pengarahan kepada pemakai. Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
-          CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
2. Aplikasi pengajaran
Dalam aplikasi pengajaran terbagi menjadi tiga, yaitu :
-          CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI :
1.      Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
2.      Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
3.      Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
4.      Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

Contoh Sistem CAI – Plato
·            Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp.
·           Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi.
·           Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES
·            Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A
·            Rancangan PLATO :
·            Terdiri dari satu komputer besar CDC dihubungkan  ke terminal-terminal jarak jauh.
·            Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus & telepon.
·            terminalnya memiliki kemampuan touch sensitive dan keyboard, optical scanner, unit pencetak.
·            melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing 32 terminal
·           Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat.

Contoh sistem CAI - Ticcit
·            Dikembangkan di perusahaan MITRE
·            Ciri Khas
·      Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dapat diterapkan terpadu.
·      Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih ke bentuk penjelasan.
·      Memungkinkan pemakai lebih berinisitaif dibandingkan CAI lainnya.
·            Rancangan TICCIT
·            mampu melayani sampai 128 unit belajar tiap unit terdiri dari televisi berwarna, keyboard khusus (15 tombol), earphone, tempat belajar, buku catatan.
·           Kawasan materi ajaran meliputi : bhs prancis, inggris, spanyol, linguistik, logika simbolis, latihan petugas penerbangan, ilmu kelautan, keperawatan dan elektronik
·            3 jenis informasi TICCIT :
Aturan, contoh, latihan.

-          Metode pengajaran logo
Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu komputer.
Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
o   Membuat berbagai model metode belajar.
o   Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah dicapai.
o   Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin belajar 
Metode pengajaran LOGO
o   Dibantu & mencari jalan sendiri.
Kelebihan : kemampuan bertanya jawab secara lansung.
Fasilitas yang terkenal : grafika kura-kura (turtle graphic) yaitu suatu lambang berbentuk segitiga di layar.   
-          Metode pengajaran small talk – 80
Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT).
Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang mudah dimengerti.

Komputer sebagai alat pelajaran mempunyai sejumlah keuntungan :
1.      Dapat membantu murid dan guru dalam pelajaran. Karena komputer itu "sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna", ia sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching. Tak ada guru yang dapat memberi latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
2.      Memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambaran dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia manapun.
3.      Sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan peneliti pelajaran atau penyusunan kurikulum.
4.      Mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Bila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan murid dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat segera dijawab oleh guru.
5.      Komputer dapat pula menilai hasil setiap pelajaran dengan segera.

Selain keuntungan di atas komputer memiliki beberapa peran dalam penggunaannya di bidang pendidikan antara lain  :
1.      Penggunaan komputer sebagai super kalkulator.
2.      Penggunaan komputer untuk mengajar komputer dan memprogramdengan komputer.
3.      Penggunaan komputer sebagai alat bantu langsung dalam prosesbelajar mengajar.
4.      Mode tutor pengganti.
5.      Mode laboratorium simulasi.
6.      Peranan komputer dalam bidang administrasi dan manajemen.
7.      Penggunaan komputer sebagai pusat data.

1.2 Dalam bidang Perbankan
Penggunaan komputer dalam dunia perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank. Biasanya komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM. Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING (Pressman, 2002).

1.3 Dalam bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan. Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi (Yuhefizar, 2003).
            Komputer yang dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya (Sudirman, 2003).
          Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer (Pressman, 2002).

1.4 Dalam bidang Penerbangan
Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. Di bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet (Rahmat, 2003).

1.5 Dalam bidang Riset / Biologi
Aplikasi komputer dalam bidang biologi atau riset disebut “Bioinformatika” merupakan gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu bioinformatika lahir atas insiatif para ahli ilmu komputer berdasarkan artificial intelligence. Mereka berpikir bahwa semua gejala yang ada di alam ini bisa dibuat secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala tersebut. Bioinformatika ini penting untuk manajemen data-data dari dunia biologi dan kedokteran modern (Irwansyah, 2003).
          Perangkat utama Bioinformatika adalah program software dan didukung oleh kesediaan internet. Saat ini, perkembangan ilmu biologi sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu bioinformatika. Bioteknologi modern ditandai dengan kemampuan manusia untuk memanipulasi kode genetik DNA, “cetak biru kehidupan”. Berbagai aplikasinya telah merambah sektor kedokteran, pangan, lingkungan, dsb. Kemajuan ilmu Bioinformatika ini dimulai dari genome project yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan tumpukan informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi (Yuhefizar, 2003).
          Pada tahun 2001 pembacaan sekuen genom manusia yang dilakukan oleh perusahaan bioteknologi Amerika Serikat (AS) Celera Genomics menjadi lebih cepat dan lebih akurat dibanding usaha konsorsium lembaga riset publik AS, Eropa, dll berkat kontribusi TI melalui perangkat komputasinya (perangkat keras maupun lunak). Aplikasi TI life sciences yang melahirkan bidang Bioinformatika dalam bidang biologi akan menjadi semakin penting di masa depan, tidak hanya mengakselerasi kemajuan bioteknologi namun juga menjembatani dua gelombang ekonomi baru tersebut (TI & bioteknologi). Hasil pembacaan dari genome project ini adalah database genom-genom (Irwansyah, 2003).
          Semua data-data yang dihasilkan dari genome project ini perlu di susun dan disimpan rapi sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik keperluan penelitian maupun keperluan di bidang medis. Dalam hal ini peranan Bioinformatika merupakan hal yang esensial. Keberadaan database adalah syarat utama dalam analisa Bioinformatika. Database informasi dasar telah tersedia saat ini. Untuk database DNA yang utama adalah GenBank di AS. Sementara itu bagi protein dan sekuen asam aminonya, databasenya dapat ditemukan di Swiss-Prot (Swiss) dan untuk struktur 3D-nya di Protein Data Bank (PDB, AS) (Jogiyanto, 2003).

1.6 Dalam bidang Militer
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer (Rahmat, 2003).

BAB II. KESIMPULAN DAN PENUTUP

1.1  Kesimpulan
Didapatkan beberapa kesimpulan mengenai aplikasi computer di berbagai bidang, yaitu sebagai berikut :
1.  Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi sebuah informasi.
2.  Penggunaan komputer dalam bidang pendidikan berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-manajed Instruction (CMI). Serta sebagai pembantu tambahan dalam belajar, yang pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya yang dikenal sebagai Computer-assisted instruction (CAI).
3.  Penggunaan komputer dalam dunia perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank.
4.  Penggunaan komputer dalam bidang industri untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
5.  Penggunaan komputer dalam bidang penerbangan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket, dalam penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan.
6.  Penggunaan komputer dalam bidang riset/biologi untuk menginterpretasikan data-data biologi, misalnya informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi.
7.  Penggunaan komputer dalam bidang militer untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.


1.2  Penutup
Penulis sangat menyadari bahwa didalam penulisan laporan ini terdapat beberapa kesalahan, untuk kesempurnaan laporan ini penulis berharap kritik dan saran dari pembaca. Sehingga laporan ini bisa mencapai kesempurnaan dalam segi bahasa, penyususan dan segi tulisan.

DAFTAR PUSTAKA

H. M, Jogiyanto. 2003. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Irwansyah, Arif. 2003. Tutorial Merakit Komputer. Ilmu Komputer. com.
Kadir, A dan Terra C. Triwahyuni. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta. Andi Offset.
M, Hasyim. 2008. Buku Pintar Komputer. Jakarta. Kriya Pustaka.
Musthaqim, Imam. 2003. Tips dan Trik Perangkat Keras di Linux. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta. Penerbit Andi.
Rahmat, C, Antonius. 2003. Dos dan Windows. Ilmu Komputer. com.
Sudirman, Ivan. 2003. Perkembangan Sofware Komputer. Ilmu Komputer. com.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta. Penerbit Salemba Infotek.
Suryadi H. S., D. 1996. Pengenalan Komputer. Jakarta. Universitas Gunadarma.
Wahono, R.S. 2006. Sejarah Komputer. Ilmu Komputer. com.
Yuhefizar. 2003. Tutorial Windows dan Internet. Ilmu Komputer. com.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar