Sabtu, 21 April 2012

Ikan Terbesar dan Ikan Terkecil di Dunia

Ikan Terbesar di dunia
Great White Shark disebut Megalodon Shark (Carcharodon Megalodon). Ikan impresif ini benar-benar karnivora, sekarang hanya dikenal dari catatan fosil giginya saja, mungkin hidup antara sekitar 20 sampai 2 juta tahun yang lalu. Perkiraan ukurannya, berdasarkan rekonstruksi rahang dan perbandingan dengan Great White Shark todays menunjukkan kemungkinan sekitar 14,7 m (48,4 kaki) panjangnya dan ditimbang sekitar 35.000 kg beratnya.


Ikan Terkecil di Dunia 
Ikan Paedocypris progenetica ditemukan oleh Ilmuwan Eropa dan Singapura di Sumatera. Ikan ini hanya berukuran sebesar nyamuk dengan bentuk tubuh transparan. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah Proceedings terbitan Inggris. Ikan ini ditemukan dilahan gambut Sumatera yang berkadar asam tinggi. Para ilmuwan harus mengamati hewan ini dengan mikroskop stereoskopik khusus untuk bisa mengukur panjang ikan secara akurat. Ikan dewasa terkecil yang berhasil ditangkap adalah Paedocypris progenetica betina.


Panjang dari mulut hingga ujung ekor hanya 7,9 mm. Ikan ini, selain sebagai ikan terkecil, tetapi juga layak mendapatkan predikat sebagai vertebrata terkecil di dunia. Adapun rekor ikan terkecil yang tercatat selama ini adalah ikan cebol Trimmatom nanus yang panjangnya 8mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar